Sunday 13 October 2019

MENGATASI INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) ATAU ANYANG-ANYANGAN DENGAN PRIVE URI-CRAN

Hai semuanya! Assalamualaikum^_^ diblog post kali ini aku ga akan bahas dulu tentang makeup/skincare atau yang berhubungan dengan beauty, tapi tentang kesehatan tubuh kita dulu yah hhe. Sebelumnya kalian pernah ga sih dengar kata “Anyang-anyangan” kalau untuk orang sunda pasti deh kalau denger kata ini inget nya pasti tentang mainan anak-anak, yups akupun sama waktu pertama kali denger kata anyang-anyangan mikirnya langsung kesana.Tapi ternyata bukan itu guys,
jadi Anyang-anyangan disini adalah sebuah tanda awal gejala yang terjadi pada saluran kemih atau sering disebut Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang terjadi karena mikroba dan paling umum terjadi pada manusia. Sebanyak 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK dan lebih sering menyerang wanita produktif, wanita hamil ataupun wanita menopause.

Gejala Anyang-anyangan

Penyebab paling banyak infeksi saluran kemih selain ditandai anyang-anyangan, terkadang ada rasa perih dan panas saat kencing. Umumnya, terjadi karena sering menahan kencing. Penyebab lain adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretic seperti alcohol, kopi dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

Penyebab Anyang-anyangan
Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, serta jamur. Escherichia colli atau biasa dikenal dengan sebutan E-Colli yang menempel di dinding saluran kemih.

Dan beberapa penyebab yang dianggap sepele dan sering kali dilakukan adalah:

-Menahan buang air kecil, karena rasa malas harus ke toilet atau karena jarak toilet yang terlalu jauh dan bisa juga karena kita sedang sibuk bekerja/beraktifitas. Hal itu akupun sering kali melakukannya.
-Kurang minum air putih. Khususnya aku sering kali pengen minuman yang seger, manis-manis ataupun bersoda apalagi jika cuaca yang sedang terik dan panas sekali. Padahal itu bisa berpengaruh pada kesehatan kita.
-Menggunakan celana dalam tanpa mengelap miss v hingga benar-benar kering.
Sumber: Website Uricran.co.id
Harus bolak-balik ke kamar mandi setiap saat karena ingin buang air kecil rasanya pasti sangat mengganggu banget kan, apalagi untuk yang selalu sibuk bekerja dan banyak agenda yang harus dilakukan, karena selain menghambat waktu tetapi ISK ini bikin buang air kecil terasa nyeri/sakit dan buang air kecil tidak lancar pasti sangat tidak nyaman. Akan tetapi kita jangan sampai suka menahan buang air kecil karena akan sangat berbahaya untuk kesehatan, meskipun hal ini terlihat sepele.

Cara mencegah dan mengatasi Anyang-anyangan

Berikut saran dari beberapa dokter untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan.

-Minum air putih 2-3 liter perhari.
-Menjaga kebersihan toilet. Karena ini masalah yang paling susah untuk dilakukan, apalagi untuk toilet umum. Kita harus benar-benar memastikan bahwa toilet tersebut bersih, paling tidak siram dulu sebelum digunakan.
-Melakukan pembasuhan atau cebok dengan benar, dari depan ke belakang. Karena jika dilakukan dari belakang ke depan bisa membuat bakteri masuk kedalam alat kelamin.
-Menggunakan pakaian dalam berbahan katun..
-Biasakan buang air kecil setelah melakukan hubungan intim, dan bersihkan area genetikal.
-Mengkonsumsi Cranberry.

Dan juga salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan yang sedang aku lakukan saat ini adalah mengkonsumsi Cranberry. Meskipun bukan buahnya langsung, tetapi yang sudah diolah menjadi sesuatu dengan bahan dasar buah ini. Buah Cranberry merupakan tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry ini memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Kandungan buah cranberry sendiri mempunyai kadar Vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia. Dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Manfaat mengkonsumsi Cranberry sendiri yakni efektif mencegah infeksi saluran kemih, karena memiliki antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan juga dikenal emiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mecegah bakteri menularkan infeksi.
Dulu waktu kecil aku sering banget nih mengalami anyang-anyangan ini, pengen buang air kecil terus menerus dan sakit. Dulu mamaku bilang kalau aku itu ‘Jengjeriheun’ itu istilah bahasa sunda nya, terus diobatinnya kita harus pipisin genteng yang udah di bakar. Aku ga ngerti kenapa bisa gitu dan darimana ide itu muncul wkwk ya namanya juga anak kecil pasti nurutlah apa kata orang tua. Dan sekarang aku udah besar dan udah tau internet cari lah info sana-sini karena hampir semua ada di Mbah Google hhe dan sekarang aku tau dan ngerti apa yang aku rasain dulu, ya meskipun sekarang suka ngerasain juga sih anyang-anyangan ini tapi udah berkurang soalnya lagi cobain Prive Uri-Cran dari ekstrak buah Cranberry.

Prive Uri-Cran
Komposisi: 250mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul/Hari Isi per box: 30Kapsul/box
Prive Uri-Cran Plus
Komposisi: 375mg Ekstrak Cranberry, 60mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder sachet Dosis: 1-2 Sachet/hari Isi per box: 15 sachet/box


Kedua produk ini manfaatnya sama saja untuk menyembuhkan anyang-anyangan, akan tetapi ternyata aku lebih tertarik ke Prive Uri-Cran Plus, soalnya liat dari komposisinya pun ada Vitamin C dan lain-lainnya. Dan ini kayak minum jus gitu karena bentuknya powder dan harus diseduh dengan air dan rasanya pun emang seger banget manisnya pas dan ada sedikit asem-asemnya gitu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya mengkonsumsi 2 gelas per hari selama kurang lebih 10 hari. Oiya dan untuk yang kapsul aku prefer dibawa saat travelling atau bepergian sih untuk jaga-jaga hhe karena yang kapsul tanpa ribet harus menyeduhnya dengan air, tinggal diminum saja seperti obat biasa.

Produk Prive Uri-Cran ini bisa di dapatkan di beberapa toko seperti Guardian, Watsons, Kimia farma, Century, Lazada (Combiphar Official Store) dan Viva Generik. Atau bisa akses web serta social media untuk mendapatkan informasi mengenai produk serta mengenai kesehatan saluran kemih.

Website: http://uricran.co.id

Instagram: https://www.instagram.com/uricran.id/

Facebook: https://web.facebook.com/priveuricran

Okedeh sekian pembahasan aku kali ini semoga bisa membantu untuk kalian yang sedang mengalami anyang-anyangan ini. Ternyata penyakit ini mudah banget diobati kan, akan tetapi jika kalian ragu atau anyang-anyangan nya sangat parah bisa langsung konsultasikan ke Dokter ya untuk ditindak lanjuti, jangan dibiarkan. Karena sehat itu mahal guys. Terimakasih. Assalamualaikum^_^





XOXO

No comments:

Post a Comment