Saturday 7 November 2020

MENGABADIKAN MOMENT INDAH BERSAMA ID PHOTOBOOK. CETAK FOTO JADI MAKIN ASIK, MURAH DAN KEKINIAN


Hai semuanya! Assalamualaikum^_^ diblog post kali ini aku akan bahas tentang betapa pentingnya mengabadikan moment. Kita sering kali beraktivitas atau melakukan suatu hal yang hanya dilakukan sekali dalam perjalanan hidup kita, kejadian yang tidak akan bisa terulang dengan kondisi yang sama. Maka dari itu kita sering kali mengabadikan moment tersebut dengan cara berfoto, apalagi di era modern ini sepertinya sudah jadi hal yang sangat sudah biasa kegiatan apapun difoto dan divideo.
Karena ternyata mengabadikan setiap moment indah dan berharga bukan hanya untuk kenang-kenangan yang bisa kita lihat kembali suatu saat nanti, tapi dapat juga menjadi penguat saat kondisi sedang sulit, dapat membantu untuk lebih menghargai setiap hal, dapat membuka memori yang indah karena kebanyakan potret foto yang diambil adalah moment yang indah dan menyenangkan, meredakan rindu kepada seseorang ataupun suatu kegiatan, meredakan stress bahkan untuk terus bersyukur kepada Tuhan. Bahkan masih banyak lagi, maka dari itu mengabadikan suatu moment sangat penting.

Di era digital seperti sekarang sepertinya hampir semua orang menyimpan kenangan berupa foto dalam bentuk digital untuk dilihat seperti melalui smartphone, pc atau laptop bahkan social media. Karena memang sangat memudahkan, akan tetapi file dalam bentuk digital ini sering kali hilang entah karena handphone/pc yang digunakan error, rusak atau tidak terbaca bahkan terkadang tidak sengaja terhapus dan tidak ada backup file tersebut maka semua kenangan itu akan hilang dan lenyap seketika. Aku pernah banget sih ngerasain nyesek dan kecewa nya saat semua file kenangan itu hilang. Memang beberapa file atau foto tersebut ada beberapa yang sudah ter-backup dan disimpan di halaman social media, tapi kenangan tersebut tidak akan semua dan tidak sepenuhnya harus di posting di social media. Kita-pun memiliki beberapa privasi, tidak semua kenangan bisa di postinga dan dilihat oleh semua orang. Dan kebanyakan foto-foto yang diposting adalah foto-foto yang bagus sih ya hhe, ayo siapa yang gini? Wkwk akupun sama ko, foto-foto yang biasa cukup jadi kenangan dan untuk dilihat sendiri aja.

Dan salah satu cara dalam mem-backup foto tersebut adalah dengan mencetak nya. Mungkin terdengar agak sedikit ribet karena hasil cetakan-cetakan foto tersebut harus dipajang dan membutuhkan tempat. Apalagi untuk anak-anak jaman sekarang yang banyak banget cetak foto polaroid untuk dipajang di kamarnya nih hhi akupun kalau tembok kamar ga dingin dan lembab pasti gitu deh. Tapi sayangnya tembok kamar ku dingin dan lembab banget, jadi setiap pajang sesuatu atau foto gitu cepet berjamur dan rusak hhu. Tapi untungnya aku nemu satu solusi untuk mencetak foto kekinian yang ga bikin ribet loh. Cetaknya di ID Photobook, jadi ID Photobook ini adalah jasa cetak foto online. Jadi kita tidak perlu repot datang ke studio foto apalagi di masa pandemic seperti ini lebih baik via online. Menurutku ini lucu dan menarik banget sih karena tercetak dalam satu album seperti majalah gitu, album fotonya ga seperti zaman dulu yang dicetak satu persatu dan kita pasang/tempel sendiri.

Dan akhirnya aku coba sendiri untuk cetak foto di ID Photobook, dan caranya pun mudah banget loh! Ga ribet sama sekali. Berhubung aku pengguna android jadi aku download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore, dan untuk pengguna IOS bisa langsung ke website-nya aja ya.
Setelah selesai download jika kita sudah punya account di ID Photobook tinggal login aja, tapi jika tidak punya kaya aku gini bisa daftar dulu.

Setelah berhasil masuk aku langsung klik akun untuk mengisi data-data yang dibutuhkan, serta alamat lengkap untuk nanti pengiriman. Jika sudah bisa lihat dihalaman Promo atau Katalog untuk melihat produk katalog Photobook yang akan dicetak seperti apa. Disini aku order produk katalog ukuran Large Potrait 48, kebetulan banget lagi ada diskon + free kalender dan juga free ongkir loh hhi seneng banget. *btw banyak juga voucher gitu biar makin murah beb hhe.

Setelah selesai memilih produk katalog-nya dan dimasukan kedalam keranjang tinggal checkout deh dan bayar. Untuk pembayaran-pun banyak banget loh pilihannya seperti bisa Transfer virtual account/Transfer bank (verifikasi manual), Pembayaran Instant dan Tunai di gerai retail Alfa group. 

Jika pembayaran sudah terverifikasi akan mendapatkan email yang berisi kode order untuk masuk ke web upload foto yang akan dicetak. Di email tersebut sudah dikirimkan link untuk mengirim foto yang akan kita cetak, atau jika tidak bisa dibuka ketik manual saja di chrome kirimfoto.idphotobook.com

Di website tersebut memasukan kode pemesanan dan no.whatsapp agar bisa mengupload foto yang akan dicetak. Setelah masuk mengisi tanggal lahir gitu katanya sih biar nanti dapet diskon special birthday kita. Lanjut klik unggah foto dan memilih tema yang diinginkan, jujur bingung banget saat pilih tema-nya dong hhu lucu-lucu banget alhasil aku pilih tema Sparkle Sederhana. Kita juga harus mengisi Judul Album dan memilih tema cover, ini juga bingung banget bagus dan lucu soalnya hhe dan untuk cover aku pilih Manis Emas.


Setelah selesai tinggal klik unggah foto dan masukin deh 100 foto yang akan dicetak, jujur sebelumnya aku kumpulkan dulu foto yang akan dicetak dalam satu folder dan emang bingung banget sih pilih foto mana aja yang mau dicetak haha sampai seharian pilihin 100 foto cuy. Kita juga harus mengurutkan foto-foto tersebut sesuai selera kita loh, untuk urutan pertama itu untuk foto sampul bagian depan dan urutkan deh dari 2-100 wkwk ini juga bikin bingung beb harus mengurutkan foto dan pilih lagi foto mana yang bagian depan haha kalau akusih random ajalah.

Setelah selesai tinggal pilih deh yang bagian kalender, karena kebetulan kan lagi ada free kalender dinding jadi ini juga harus pilih tema dan upload fotonya. Untuk tema kalender hanya ada 2, dan aku pilih Kalender Cat Air, oiya kita juga harus isi Judul Albumnya. Lanjut setelah pilih tema tinggal masukin foto deh, untuk kalender aku post 18 foto dan ini juga sama bisa diurutkan.

Setelah selesai tinggal klik Cetak sekarang dan tinggal tunggu Verifikasi foto deh. Untuk verifikasi foto pun sebentar ko, dan setelah terverifikasi kita akan dapat email lagi pemberitahuan bahwa akan lanjut proses berikutnya. Dan setiap update-an ada di status pemesanan jadi kita rajin cek aja apa pesanan kita sudah diproduksi atau dikirim apa belum. 


Gampang banget kan? Aku pesan ini cukup 1minggu loh, pengiriman-pun dari Yogyakarta hhe lumayan jauh kirim ke Bandung. Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu sampai juga hhi seneng banget asli dan penasaran banget. Dan OMG ternyata emang bener-bener baguss banget dong ga kaleng-kaleng asli hhu seneng, terharu juga wkwk soalnya baru pertama kali punya album foto gini serasa liat majalah diri sendiri. Asli kualitasnya bagus banget, kertasnya tebel banget sih, terus untuk bagian dengan hardcover gitu kan bener-bener tebel dan kualitas fotonya bagus banget, jernih dan ga burem loh. Padahal foto-foto yang aku kirim itu side-n niya kecil banget lebih rendah dari yang di rekomendasikan soalnya kebanyakan pada download di Instagram aku hhu soalnya nyari foto-foto lama ga ada, nah ini nyesek banget seperti yang udah aku ceritakan diatas haha foto-foto kenangan aku waktu sekolah, kelulusan dan masih suka hunting pada ilang gara-gara laptop di install ulang dan lupa backup. Sakit banget tapi ga berdarah ya gitu wkwk. Oiya btw aku juga sampe masukin foto-foto bias aku haha oppa-oppa kece nih terpampang di album fotoku haha ini juga kayaknya bisa jadi solusi buat para kpop yang ga bisa beli album kayak aku bisa cetak dan satukan foto bias sama foto kita. Haha asli loh aku sampe teriak dan seseneng itu liat foto bias ada disamping fotoku wkwk bisa dipandang setiap saat beb. Duh monmaap aku excited banget haha, oiya terus untuk free kalendernya juga emang bagus banget sih, desain nya lucu dan kece banget deh. Dan yeayy udah punya kalender 2021 hhe kebetulan bangetkan sebentar lagi pergantian tahun dan semoga tahun depan semuanya udah kembali pulih dan baik ya, bair schedule kalender penuh hhe dan pastinya untuk kalender ini ga akan dibuang sih, pasti bakalan dipajang terus. Asli untuk kalender pun hasilnya memuaskan banget loh, hasil fotonya pada bagus, jernih dan terang gitu. Pokoknya suka bangeettt deh! Ga nyesel bikin photobook ini.

Oiya untuk harga nya juga bervariasi ko, tergantung ukuran dan tema album yang akan kita pilih. Dan menurutku sangat worth it soalnya hasilnya pun ga akan mengecewakan. Keren banget beb. Btw, didalam album kita ada kata-kata manis dari ibu peri dan diberi kertas untuk diwarnai serta kertas lipat buat bikin origami kupu-kupu sesuai dengan logo ID Photobook hhi lucu banget deh.

Okedeh mungkin hanya segitu yang bisa aku bahas kali ini, yuk kepoin juga dan jangan lupa order ya beb biar moment indah kita selalu tersimpan dengan baik, atau mungkin bisa buat kado orang terkasih hhe. Bisa cek disini ya ID Photobook. Terimakasih, Assalamualaikum^_^




XOXO

No comments:

Post a Comment